Kenapa Anjing Menjulurkan Lidah: Alasan dibalik Perilaku Tersebut

oleh -112 Dilihat
oleh
Kenapa Anjing Menjulurkan Lidah: Alasan dibalik Perilaku Tersebut
Kenapa Anjing Menjulurkan Lidah: Alasan dibalik Perilaku Tersebut

Anjing adalah hewan peliharaan yang penuh dengan tingkah laku lucu dan menggemaskan. Salah satu perilaku yang sering kita lihat adalah anjing menjulurkan lidah. Sebagai pemilik anjing, penting untuk memahami alasan di balik perilaku ini. Menjulurkan lidah tidak selalu merupakan hal yang wajar dan bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan tertentu. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anjing sering menjulurkan lidahnya.

1. Sindrom Lidah Gantung

Sindrom lidah gantung adalah kondisi di mana anjing sering menjulurkan lidahnya keluar. Hal ini biasanya terjadi pada anjing dengan ras kecil dan brachycephalic seperti Pugs. Anjing-anjing ini sering mengalami sindrom lidah gantung karena faktor genetik. Selain itu, anjing berukuran kecil mungkin memiliki lidah yang lebih besar dari pada rongga mulut sehingga tidak bisa menopang lidah dengan baik.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada anjing yang lebih tua. Selain faktor genetik, beberapa penyakit seperti pembusukan pada gigi hingga tanggal juga bisa menyebabkan sindrom ini. Jika gigi bawah anjing tanggal, maka lidah tidak memiliki penyangga yang cukup.

Walaupun sindrom ini tidak membahayakan, pemilik anjing harus selalu menyediakan air minum yang cukup untuk mencegah lidah anjing kering terlalu lama.

2. Menyesuaikan Suhu Tubuh

Salah satu alasan paling umum kenapa anjing menjulurkan lidahnya adalah untuk menyesuaikan suhu tubuh. Anjing tidak berkeringat seperti manusia, sehingga mereka menjulurkan lidah untuk membantu mendinginkan tubuh. Ketika anjing terengah-engah setelah berlari atau bermain, menjulurkan lidah membantu menguapkan air dari lidah dan menurunkan suhu tubuh.

Jika anjing terlihat menjulurkan lidah setelah beraktivitas, pastikan untuk membawanya ke tempat yang sejuk dan memberikan air minum yang cukup. Namun, jika kondisi ini berlangsung lama bahkan setelah suhu tubuhnya kembali normal, segera bawa anjing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Reaksi Obat

Reaksi terhadap obat tertentu juga bisa menyebabkan anjing menjulurkan lidah. Jika anjing Anda baru saja diberikan obat dan mulai menjulurkan lidah dengan cara yang tidak biasa, segera hubungi dokter hewan untuk memastikan bahwa obat tersebut aman digunakan.

4. Bersantai

Menjulurkan lidah juga bisa menjadi tanda bahwa anjing sedang bersantai dan merasa nyaman. Setelah makan makanan lezat, bermain, atau berbaring dekat dengan pemiliknya, anjing bisa menjulurkan lidah sebagai tanda kebahagiaan. Ini adalah perilaku normal dan menunjukkan bahwa anjing merasa aman dan puas.

Menjulurkan lidah adalah salah satu cara anjing berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sebagai pemilik, penting untuk mengamati perilaku ini dan memahami konteks di baliknya. Jika Anda merasa ada yang tidak biasa dengan cara anjing Anda menjulurkan lidah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. Menjaga kesehatan anjing adalah tanggung jawab utama setiap pemilik hewan peliharaan.