Tanda-tanda WhatsApp Disadap Orang dan Cara Mengatasinya

oleh -10 Dilihat
oleh
Tanda-tanda WhatsApp Disadap Orang dan Cara Mengatasinya
Tanda-tanda WhatsApp Disadap Orang dan Cara Mengatasinya

Keamanan data pribadi semakin menjadi perhatian, terutama dengan maraknya penggunaan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satu ancaman yang sering dihadapi pengguna adalah penyadapan. Bagaimana kita bisa mengenali tanda-tanda WhatsApp yang disadap dan langkah apa yang bisa diambil untuk mencegah atau menghentikannya? Berikut adalah panduan lengkapnya.

Tanda-tanda WhatsApp Disadap

1. OTP (One Time Password) yang Tidak Diminta

One Time Password (OTP) adalah kode enam angka yang biasanya dikirimkan melalui SMS saat ada upaya untuk mengakses WhatsApp. Jika Anda menerima OTP tanpa memintanya, ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang mencoba masuk ke akun WhatsApp Anda. Jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp secara Tiba-tiba

Jika Anda tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp tanpa melakukan apa-apa, kemungkinan besar ada perangkat lain yang mencoba masuk ke akun Anda. Anda dapat mengecek perangkat yang terhubung dengan akun Anda melalui opsi WhatsApp Web.

3. Pesan Terbaca Tanpa Diketahui

Salah satu indikasi lain bahwa akun WhatsApp Anda disadap adalah jika ada pesan yang sudah terbaca tanpa Anda mengetahuinya. Hal ini menunjukkan bahwa ada pihak lain yang mengakses pesan Anda.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Jika tiba-tiba ada pesan yang terkirim dari akun Anda tanpa Anda mengetik atau mengirimkannya, ini juga merupakan tanda bahwa akun Anda mungkin telah dibajak.

5. Status WA yang Asing

Adanya status WhatsApp yang muncul tanpa Anda membuatnya bisa menjadi tanda lain bahwa akun Anda telah diakses oleh pihak lain.

6. Panggilan Telepon Asing

Jika ada panggilan telepon yang muncul di log panggilan WhatsApp Anda yang bukan Anda yang membuatnya, ini bisa menjadi indikasi lain bahwa akun Anda sedang disadap.

Cara Menghentikan Penyadapan WhatsApp

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Untuk mencegah penyadapan, aktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah. Ini akan menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta PIN enam digit saat ada upaya login ke akun Anda. Caranya:

  1. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  2. Pilih Settings > Account > Two-Step Verification > Enable
  3. Masukkan PIN enam digit dan alamat email untuk pemulihan

2. Lapor ke WhatsApp

Jika Anda merasa akun Anda telah diretas, segera nonaktifkan akun Anda dengan mengirim email ke support@whatsapp.com dengan subjek "Lost/stolen: please deactivate my account". Sampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan bagaimana akun Anda diretas.

3. Log in Ulang

Menginstal ulang WhatsApp dengan nomor yang sama juga bisa menjadi solusi. Hal ini akan meminta Anda memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor tersebut, sehingga Anda dapat mengamankan kembali akun Anda.

4. Kunci Layar Akun WhatsApp

Mengunci layar pada aplikasi WhatsApp dapat menambah keamanan akun Anda. Caranya:

  1. Buka menu Pengaturan > Privasi
  2. Pilih opsi Kunci Layar
  3. Pindai sidik jari untuk mengaktifkannya

5. Rajin Cek WhatsApp Web

Periksa secara rutin perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, segera keluarkan dari daftar perangkat terhubung.

Kesimpulan

Penting untuk selalu waspada terhadap tanda-tanda penyadapan pada akun WhatsApp Anda. Dengan mengenali tanda-tanda ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat menjaga keamanan data pribadi Anda dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.